suami yang menyayangi istrinya harus membuat rasa nyaman

Suami Sayang Istri, Kunci Mengalirnya Rezeki dalam Rumah Tangga Islam

Suami Sayang Istri – Dalam Islam, suami yang sayang pada istrinya dapat melancarkan datangnya rezeki dalam kehidupan rumah tangga mereka.

Para suami yang membaca artikel ini percaya atau tidak dengan pernyataan di atas?

Kalau belum percaya atau masih belum terlalu yakin, lanjutkan membaca artikel ini karena akan kita bahas bersama alasannya.

1. Timbul Semangat yang Lebih Besar dalam Mencari Rezeki Jika Suami Sayang Istri

suami sayang istri dengan kerja keras
www.forbes.com

Suami yang memiliki rasa sayang yang besar kepada istrinya pasti akan bersungguh-sungguh dalam mencari rezeki. Dia akan bekerja keras dengan berbagai cara yang halal agar kebutuhan keluarga dapat terpenuhi dengan baik.

Kerja keras inilah yang disukai oleh Allah SWT, sehingga pintu rezeki bagi keluarga tersebut akan dibuka lebar olehNya.

Berbeda jika suami tidak sayang kepada istrinya. Istri akan dianggap sebagai beban baginya. Sehingga usaha yang dilakukan akan terasas berat dan tidak akan merasa cukup dengan yang didapatkan.

2. Allah SWT Menyayangi Pasangan Suami Istri yang Saling Sayang

suami mencintai istrinya
www.islamicblog.in

Suami yang menyayangi istrinya, begitu pula sebaliknya akan mengundang rasa sayang Allah SWT kepada mereka.

Jika Allah SWT sudah sayang, maka dapat dipastikan jika keluarga tersebut akan dicukupkan rezekinya.

3. Ketenangan Akan Hadir di Dalam Kehidupan Rumah Tangga

tanda cinta suami istri adalah ketenangan dalam rumah tangga
http://www.islamicblog.in/

Kententraman dan ketenangan akan dirasakan pasangan suami istri yang saling menyayangi. Mereka  akan saling menghargai dan menghormati. Sebisa mungkin konflik dihindari atau diselesaikan secara baik-baik.

Ketenangan ini membuat suami lebih mudah berkonsentrasi dalah usahanya menafkahi keluarga. Jika sudah fokus dalam berusaha, rezeki akan mengalir lebih lancar.

4. Suami Merasa Cukup dengan Istrinya Saja

suami yang setia adalah bukti sayangnya kepada istri
www.flickr.com

Rasa sayang suami yang besar, membuatnya merasa cukup hanya dengan istrinya saja. Tak ada pikiran atau niat untuk membagi perhatiannya ke wanita lain yang tidak halal baginya.

Tentu kesetiaan tersebut akan membuat suami terhindar dari dosa besar yang bisa menjadi penutup pintu rezeki baginya. Sehingga tak heran bila kebutuhan keluarganya selalu dicukupkan oleh Allah SWT.

Nah, sekarang para suami sudah pahamkan mengapa bila menyayangi istri bisa melancarkan rezeki?

Wujud Kasih Sayang Suami Kepada Istri

Setelah tahu pentingnya suami sayang istri, maka rasa sayang tersebut harus diwujudkan. Nah, apa saja bentuk kasih sayang suami kepada istri?

Simak Ulasan Berikut.

Bersikap Mesra kepada Istrinya

suami istri harus mesra jika mereka saling sayang
http://ilmfeed.com/

Bersikap mesra adalah wujud kasih sayang suami kepada istrinya. Contoh terbaik untuk hal ini adalah Rasullah SAW.

Nabi Muhammad SAW merupakan sosok suami yang mesra terhadap istrinya. Berikut beberapa cara Rasullah SAW menjaga kemesraan dengan istrinya yang dikumpulkan dari beberapa hadis dan riwayat.

1. Mencium Istri Ketika Akan Keluar Rumah dan Datang

Mencium istri merupakan hal yang romantis dan tentu menambah rasa kasih sayang yang telah terjalin. Dalam HR Abdurrazaq dijelaskan bahwa Rasullah SAW setelah wudhu biasa mencium Aisyah, kemudia beliau shalat dan tidak mengulangi wudhunya.

2. Suami Menyuapi Istri

Dalam HR Bukhori (VI/293) dan Muslim (V/71), Saadbin Abi Waqosh ra berkata, “Rasullah SAW bersabda: Dan sesungguhnya bila engkau memberikan nafkah, maka hal tersebut merupakan sedekah, hingga suapan nasi yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu.”

Wah, selain romantis, ternyata menyuapi istri juga bernilai sedekah. Jadi alangkah baiknya bila cara ini dipraktekkan suami agar istri makin sayang dengan kita.

3. Memberi Hadiah atau Kejutan Kepada Istri

Istri mana yang tidak gembira ketika suaminya memberi kejutan atau hadiah kepadanya. Apalagi hadiah tersebut adalah yang benar-benar ia inginkan, seperti sepatu, baju dan tas.

Selain apa yang istri inginkan, sebaiknya suami mengerti juga apa yang istri butuhkan. Misalnya saat ulang tahun istri yang hanya berjarak  sebulan setelah dia melahirkan.

Maka suami bisa memberi hadiah istri berupa obat penambah asi atau peralatan menyusui untuk ibu dan bayi, dll.

Menyenangkan istri dengan memberi kejutan hadiah juga dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dimana baginda Rasul pernah memberikan hadiah satu botol minyak kasturi kepada istri-istrinya.

4. Mengantar Istri Ketika Bepergian

Terkadang suami malas mengantarkan istri ketika belanja atau ke tempat lain. Padahal mengantarkan istri bisa menjadi bentuk kemesraan yang bisa dilakukan.

Selain itu dengan mengantar istri, kita bisa menjaga mereka dan menolong mereka ketika dibutuhkan. Perasaan jadi lebih aman dan tenang.

Dalam satu riwayat dikatakan, Nabi Muhammad SAW sedang berada di Masjid. Para istri beliau berada disampingnya. Kemudian mereka pergi (pulang). Lantas Rasullah SAW berkata kepada Shafiyyah binti Huyai, “Jangan terburu-buru, agar aku dapat pulang bersamamu.” (HR Bukhari dan Muslim)

5. Panggilan Kesayangan untuk Istri Tercinta

Tidak ada salahnya memanggil istri kita dengan sebutan honey, yayang, bunda, adek, dll, karena Rasullah SAW juga melakukannya.

Beliau memanggil Aisyah dengan sebutan Humairah. Arti humairah adalah yang kemerah-merahan pipinya. Selain itu Rasullah SAW juga suka memanggil Aisya dengan Aisy/Aisyi. Dalam budaya Arah, pemenenggal huruf terakhir dalam nama merupakan tanda sayang / panggilan manja.

Jangan lupa untuk selalu mengucapkan rasa sayang kita kepada istri. Karena selain dengan perbuatan, ucapan sayang pun bisa membuat istri bahagia.

Suami Berusaha Membuat Istrinya Nyaman

suami yang menyayangi istrinya harus membuat rasa nyaman
www.amust.com.au

Membuat istri nyaman adalah salah satu tanda suami sayang istri. Untuk membuat istri nyaman banyak cara yang bisa dilakukan.

1. Komunikasi yang Baik Kepada Istri

Sebagai partner hidup, tentu menjaga komunikasi merupakan hal yang penting. Suami harus tahu kapan ia bisa bercanda dengan istri layaknya sahabat, kapan harus tegas, kapan harus romantis, dll.

Suami yang sayang kepada istrinya akan berusaha menurunkan egonya, terutama bila terjadi perbedaan pendapat diantara keduanya.

Alangkah baiknya jika suami bisa menjadi pendengar yang baik bagi istrinya. Menyetujui pendapat istri jika dirasa lebih benar, dan menjelaskan dengan lembut bila pendapat istri ternyata tak lebih baik.

Suami juga harus selalu jujur dalam bercerita, dan tak segan meminta masukan dari istrinya. Sehingga apapun yang diputuskan merupakan hasil diskusi bersama.

Dengan terjalinnya komunikasi yang baik, maka hal-hal seperti salah paham akan bisa diminimalisir. Tentu hal ini akan membuat rumah tangga lebih bahagia.

2. Suami Menghargai Istri

Suami harus menjaga perasaan istri dimanapun. Jangan sampai membentak atau mengkritiknya, terutama di tempat umum. Karena hal tersebut bisa melukai harga diri istri. Jika istri salah maka ingatkan dengan lembut di rumah, saat tidak ada siapa-siapa.

Jika suami ada masalah, jangan sampai melampiaskan kemarahan kepada istri, apalagi dengan kekerasan fisik. Lebih baik suami meminta waktu sendiri dulu kepada istri, baru setelah agak tenang bisa bercerita kepada istri.

Bentuk penghargaan lain adalah dengan memuji istri. Pujilah kecantikannya, keterampilannya dalam menata isi rumah, dan kelebihan lainnya.

Jika suatu saat istri memasak dan rasanya kurang sedap, maka suami sebaiknya menolerir hal tersebut dan tetap memuji istrinya.

Karena istri pasti sudah bersungguh-sungguh saat memasak, jangan sampai menyakiti hatinya dengan celetukan atau ejekan.

3. Suami Ikut Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah bukan hanya pekerjaan yang dilakukan istri. Suami yang menyayangi istrinya pasti tak segan untuk ikut mengerjakan pekerjaan rumah.

Jika dikerjakan bersama, pekerjaan rumah akan terasa ringan. Saat melakukan pekerjaan rumah akan terasa hangat jika diselingi dengan obrolan dan candaan. Sehingga kedekatan antara suami dan istri makin terasa.

Dalam HR Bukhari tercatat bahwa Aisyah pernah ditanya, “Apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW?”. Aisyah menjawab, “Beliau ikut membantu melaksanakan pekerjaan keluarganya.”

Jadi buat para suami jangan malas membantu istri menyelesaikan pekerjaan rumah.

Suami Mengajak Istri kepada Kebenaran yang Hakiki

suami sayang istri dengan mengajarkan agama islam
www.reportaseterkini.net

Sebagai suami, bentuk sayang terbaik yang bisa kita berikan kepada istri adalah dengan mengajaknya kepada kebenaran, agar dia semakin dekat dengan Allah SWT.

Suami wajib mengajarkan agama kepada istri, oleh sebab itu suami juga harus lebih mendalami ilmu agama.

Ingatkan selalu istri untuk melakukan sholat fardhu tepat waktu, melaksanakan ibadah sunnah lainnya, bagaimana bersikap yang santun sesuai islam, mengajarkannya mengajdi, dll.

Jangan hanya mengingatkan! Tapi juga contohkan dengan perbuatan yang sesuai perkataan.

Jika istri belum menutupi auratnya dengan hijab, maka sudah selayaknya sebagai suami untuk terus mengingatkan istri.

Mungkin istri tidak akan langsung menurut, namun suami harus tetap menasehati dengan tutur kata yang lembut. Seraya berdoa kepada Allah SWT agar istrinya dibukakan pintu hatinya.

Suami Sayang Istri Maka Rejeki Akan Lancar

suami sayang istri pembuka pintu rezeki
www.ummi-online.com

Setelah membaca artikel ini marilah kita sama-sama merenung.

Apakah kita sudah menjadi suami yang menyayangi istri kita?

Jika belum, maka ayo kita berusaha untuk berubah. Karena untuk menjadi lebih baik tidak ada kata terlambat.

Semoga dengan adanya niat dan usaha untuk berubah menjadi lebih baik dengan cara menyayangi istri kita seutuhnya, Allah SWT akan melancarkan rezeki kita sekeluarga.

Aamiin…

Leave a Comment