Karya Tugas Kuliah yang Menjadi Pemenang (Part 3: End)

Pengumuman Nilai

reflectiveporfolioshong.files.wordpress.com
reflectiveporfolioshong.files.wordpress.com

Hari ini mood saya sedang bagus, karena mendapat nilai A untuk mata kuliah animasi 3D . Teman-teman sekelompok juga merasakan hal yang sama. Senang rasanya jika karya yang kita buat sepenuh hati mendapat apresiasi yang pantas.

Libur tapi Kerja

helpx.adobe.com
helpx.adobe.com

Disaat teman-teman lain menghabiskan waktu liburannya dengan berlibur, saya tetap bekerja rutin.  Bulan januari studio tempat saya bekerja mendapat job yang cukup banyak. Sehingga tak jarang saya harus menginap di studio untuk menyelesaikan pekerjaan.

Untungnya semua animator di studio yang berjumlah 5 orang merupakan sahabat sekelas saya di kampus. Sehingga saat lelah bekerja, sering kita selingi dengan bercanda atau bermain game bersama-sama. Berkumpul dengan mereka merupakan hiburan tersendiri bagi saya

Teman Datang Memberi Tahu Ada Lomba

http://www.boundless.org/
http://www.boundless.org/

Suatu hari ketika saya sedang bekerja, salah satu teman sekelas saya, Doha, datang berkunjung. Kami mengobrol-ngobrol sebentar dan akhirnya dia memberi tahu bahwa ada lomba animasi di Surabaya untuk umum. Dia mendapat informasi dari dosen mata kuliah animasi 3D.

Ternyata saat kami mengunjugi Facebook penyelenggara lomba, tertulis bahwa hari terakhir pengiriman adalah hari ini. Akhirnya saya dan teman-teman sibuk mempersiapkan film yang akan kami kirim.

Saya mengirim film “Pos!!!” yang merupakan film animasi 3D untuk tugas di Semester 5 kemaren. Film-film dari kelompok lain juga kami kumpulkan. Semakin banyak karya yang dikirim, semakin bagus karena karya kami dianggap mewakili kampus.

Setelah semua siap, kami bergegas pergi ke JNE. Untungnya sampai sana kami belum terlambat, sehingga paket dikirimkan hari itu juga.

Pergi ke Surabaya

http://www.anekahotelmurah.com/
http://www.anekahotelmurah.com/

Kegiatan bertajuk “Festival Animasi 2013” ini diadakan oleh ITS (Institut Teknologi 10 November Surabaya), Mulai Tanggal 12-17 Februari 2013. Memang pengumuman pemenang lomba animasi masih tanggal 17 Februari, namun banyak acara yang berkaitan dengan animasi di hari-hari lain.

Tentu saya tertarik untuk mengikuti semua acara yang ada, tapi tidak mungkin karena harus bekerja. Untungnya Doha sedang libur dan memang berniat mengikuti semua acara disana. Doha pun berangkat seorang diri ke Surabaya.

Hari Pengumuman

Shout
i.huffingpost.com

Sambil menunggu hari pengumuman, saya bekerja seperti biasa. Seolah-olah lupa kalau sedang mengikut lomba, karena saat mengirimkan filmnya saya memang tidak terlalu yakin bisa menang.

Saya ingat bahwa tengah ikut lomba setelah di siang hari mendapat kabar dari Doha bahwa pengumuman pemenang lombanya akan diumumkan nanti malam mulai pukul 19.00.

Kabar baiknya, pihak ITS menyediakan fitur live streaming di website mereka, sehingga peserta yang tidak dapat hadir di tempat bisa tetap menyaksikan pengumumannya.

Menonton Live Streaming

http://comluv.com/
http://comluv.com/

Pukul 18.30 pekerjaan hari itu selesai. Saya bergegas memacu motor menuju rumah. Memang saya bisa menyaksikan live streamingnya bersama teman-teman di studio. Namun saya lebih memilih menonton dengan tenang dari rumah.

Sampai rumah saya langsung duduk di depan komputer. Timbul rasa penasaran siapa saja pemenangnya dan ingin melihat karya-karya mereka.

Pengumuman lomba-lomba lain sudah diumumkan, sampailah di pengumuman juara 3 lomba animasi kategori umum. Saya bersorak karena pemenangnya adalah sahabat saya sekelas sekaligus satu tempat kerja.

Semangat saya muncul, saya juga ingin menang seperti teman saya. Saya langsung minta doa ibu dan ayah yang sedang berada di ruang makan. Sayangnya pemenang juara dua bukan berasal dari kampus kami. Sehingga harapan saya tinggal juara 1.

Juara

images.huffingtonpost.com
images.huffingtonpost.com

Pembawa acaranya sangat pandai meningkatkan ketegangan. Sehingga saya bertambah deg-degan. Setelah tarik ulur pembawa acaranya berkata, “Dan juara pertamanya adalah………..POS!!!”.

Saya diam tak bereaksi beberapa detik, setelah itu saya langsung melompat dan berteriak, “YE.. MENAANGGG…” Teriakan saya sampai membuat orang tua saya kaget. Saya hampiri mereka dan memeluk mereka. Kedua orangtua saya ikut dalam kegembiraan. Berkali-kali mereka memuji saya, yah namanya juga anaknya.

Saat kembali ke depan layar, saya melihat Doha sudah maju menerima piagam pemenang. Wajahnya bingung dan lugu, lucu sekali kalau dilihat dari layar.

Ucapan Selamat

successtrogendotcom.files.wordpress.com
successtrogendotcom.files.wordpress.com

Ucapan selamat dari teman-teman mulai masuk ke handphone saya. Mereka turut senang, dan banyak yang minta ditraktir. Saya pun terkekeh membaca pesan mereka.

Tak lupa dosen mata kuliah animasi 3D memberikan ucapan selamat kepada kami melalui Facebook. Beliau meminta film kami dalam bentuk dvd untuk arsip kampus.

Alhamdulillah perasaan saya begitu gembira hari itu. Saya juga bangga karena secara tidak langsung turut membawa nama baik kampus.

Ambil Kesempatan

http://2.bp.blogspot.com/

http://2.bp.blogspot.com/

Siapa sangka tugas film animasi 3D pertama kelompok kami bisa menjadi juara pertama. Dari kejadian ini saya jadi sadar untuk mengambil tiap kesempatan selama masih ada. Walaupun waktu mepet, banyak kegiatan yang menyibukkan kita, dan halangan-halangan lainnya.

Lebih baik kita kalah setelah mencoba, daripada menyerah sebelum mencoba. Karena jika tidak mencoba, tidak akan ada kesempatan untuk menang. Berbeda jika kita mencoba, pasti masih ada kemungkinan untuk menang.

Leave a Comment