Karya Tugas Kuliah yang Menjadi Pemenang (Part 2)

Pasca Produksi

Pengerjaan animasi memang sudah selesai, namun masih banyak tahapan yang harus dilalui lagi sebelum dapat ditayangkan kepada penonton.

1. Pengaturan Ligthing

support.solidangle.com
support.solidangle.com

Tiap scene/adegan animasi harus diatur pencahayaannya. Karena cahaya menghasilkan bayangan, dan kedua faktor ini akan membuat film lebih terlihat realistis.

Selain dengan mengatur cahaya kita dapat memberi informasi keterangan waktu pada penonton nantinya. Misal, jika adegan siang diluar rumah maka cahayanya terang sekali, namun jika malam hari cahayanya lebih redup, dsb.

2. Render

lh3.googleusercontent.com
lh3.googleusercontent.com

Rendering adalah proses mengubah semua data animasi (gerakan, cahaya, texture, durasi, dll) menjadi sebuah bentuk output. Kami biasanya memilih format PNG Sequence sebagai hasil render.

Proses render saya lakukan di kantor karena memang membutuhkan PC dengan spesifikasi yang tinggi. Saya merendernya malam hari sampai pagi saat komputer tidak digunakan untuk pekerjaan. 5 hari total untuk merender semua adegannya.

3. Mengedit Video dan Audio

i.ytimg.com
i.ytimg.com

Hasil render yang berupa potongan-potongan adegan kami satukan di program Adobe Premiere CS 5. Kemudian kami masukkan hasil dubbing yang sudah ada sebelumnya. Langkah terakhir adalah memasukan backsound dan sound effect agar lebih bagus.

4. Memberikan Effect

http://i2.wp.com/www.cgmeetup.net
http://i2.wp.com/www.cgmeetup.net

Proses ini adalah proses tambahan yang tidak kalah pentingnya. Dalam film kami ada adegan bom meledak. Untuk membuatnya kami lakukan di program After Effect CS 5. Selain itu kami membuat opening dan credit tittle untuk menyempurnakan film.

5. Final Render

pbblogassets.s3.amazonaws.com/
pbblogassets.s3.amazonaws.com/

Semua komponen film sudah lengkap menjadi satu kesatuan. Langkah terakhir adalah mengubah data animasi yang sudah disempurnakan menjadi format video agar bisa dinikmati penonton. Format yang kami pilih adalah MP4.

Proses render yang kedua tidak selama yang pertama, karena data yang dibaca bukan lagi dari software animasi 3D namun dari software video.

Pembuatan Merchandise

thecreativecat.net
thecreativecat.net

Setelah pembuatan film animasi selesai, tugas tidak dikumpulkan begitu saja. Namun tiap kelompok wajib mengikut pameran karya, berbarengan dengan kelas lain dan jurusan lain.

Sebagai persiapan kami membuat brosur, poster, gantungan kunci, stiker, cover CD, dan banner yang bertema film yang telah kami buat. Beberapa item nantinya dibagikan ke pengunjung yang datang. Biaya produksi merchandise didapat dari patungan tiap anggota kelompok.

Pameran Karya Mahasiswa

sedesa.sastra.um.ac.id
sedesa.sastra.um.ac.id

Pagi ini saya sudah rapi. Deg-degan juga memikirkan bagaimana reaksi penonton di tempat pameran nantinya. Daripada pusing sendiri lebih baik saya berangkat menuju tempat pameran yang berada di sebuah restoran.

Tiap kelompok mendapat booth kecil untuk display film beserta merchandisenya. Kelompok kami saling berbagi tugas, ada teman yang mengatur laptop, sebagian lain mengatur merchandise di meja, dan ada yang memasang banner. Kami mengerjakannya diselingin dengan candaan.

Sekitar jam 10 pagi pameran resmi dibuka oleh Kepala Jurusan. Pengunjung mulai berdatangan, kebanyakan adalah mahasiswa kampus saya sendiri. Merchandise kami cepat habisnya setelah dibagikan ke pengunjung yang datang.

Pemutaran Film

desktopwalls.net
desktopwalls.net

Acara utama dalam pameran ini adalah pemutaran film di layar besar yang dipasang di salah satu bagian restoran. Pengunjung mulai duduk lesehan di sekitar layar. Satu persatu kelompok bergantian menayangkan filmnya.

Akhirnya tiba giliran kelompok saya. Selama film diputar penonton tertawa terbahak-bahak menikmati setiap adegannya. Kami merasa senang sekali melihat feedback dari penonton.

Sesi selanjutnya adalah menjelaskan darimana ide film didapatkan kepada penonton. Saya menceritakan dengan detail bagaimana prosesnya berdasarkan kisah nyata yang saya alami. Penonton ikut tertawa ketika mendengar cerita saya.

Setelah menutup sesi presentasi, penonton memberi tepuk tangan. Apresiasi dari penonton membuat saya dan teman-teman menjadi semangat. Kerja keras kami dalam membuat film animasi  tidak sia-sia. Lelah yang kami rasa terasa hilang begitu saja.

Menerobos Hujan

cdn1.scmp.com
cdn1.scmp.com

Sekitar jam 4 sore pameran resmi ditutup. Sebelum membereskan booth kami masing-masing, tak lupa kami foto bersama sebagai kenangan.

Saat itu hujan turun deras sekali sehingga kami memilih berteduh di restoran dulu. Sambil menunggu saya dan teman sekelas makan dan mengobrol. Membicarakan kejadian-kejadian lucu selama semester 5 serta rencana liburan akhir semester.

Karena sampai maghrib belum juga reda, kami sepakat menerobos derasnya hujan. Kami saling bersalaman sebelum pulang ke rumah masing-masing. Bersamaan dengan pulangnya teman-teman, berakhir pula kegiatan di Semester 5.

Menikmati Istirahat

http://bgwall.net/
http://bgwall.net/

Tak terasa 5 bulan sudah saya jalani semester 5. Perjuangan yang berat ketika mengerjakan berbagai tugas ditengah-tengah pekerjaan. Namun akhirnya tetap bisa saya lalui dengan baik. Tinggal menunggu nilai IPK yang akan keluar beberapa hari lagi.

Sampai di rumah saya langsung tertidur karena kelelahan. Biarlah saya nikamti istirahat malam ini, agar besok dalam kondisi segar untuk kembali bekerja.

Bersambung…

Leave a Comment