Foto Jenis Kucing Besar Harimau Close Up

9 Jenis Kucing Besar Pemuncak Rantai Makanan

Jenis Kucing Besar – Kucing adalah hewan yang menggemaskan. Tingkah laku mereka selalu bisa membuat kita tersenyum.

Kucing kampung atau kucing ras yang kita pelihara sebenarnya termasuk dalam keluarga kucing kecil.

Kalau ada yang kecil berarti ada yang besar kan?

Ya benar, keluarga kucing besar memang ada. Mungkin yang paling terkenal adalah harimau dan singa. Tapi ada banyak jenis kucing besar selain mereka.

1. Clouded Leopard

Foto Jenis Kucing Besar Clouded Leopard Close Up
wallpaperhdhi5.com

Hewan ini merupakan endemik Pulau Sumatera dan Kalimantan. Di Indonesia mereka lebih dikenal dengan nama macan dahan.

Clouded leopard merupakan jenis kucing besar paling kecil dalam segi ukuran tubuh. Saat dewasa mereka memiliki panjang tubuh 95 cm dengan berat 25 kg.

Walaupun ukurannya tubuhnya kecil,  taringnya merupakan yang terbesar dan terpanjang di antara keluarga kucing besar lainnya. Panjang taringnya bisa mencapai 5 cm, lebih panjang daripada harimau maupun singa.

Foto Jenis Kucing Besar Clouded Leopard di Atas Batang Kayu
wallpapercave.com

Sayangnya macan dahan terancam kepunahan dan termasuk binatang langka. Populasinya hanya sekitar 11.000 ekor di alam liar.

Kelangkaan disebabkan maraknya perburuan liar untuk mendapatkan taring dan kulit mereka yang eksotik.

2. Puma

Foto Jenis Kucing Besar Puma di Gunung Salju
quotesgram.com

Hewan ini memegang guinness record sebagai binatang dengan nama terbanyak. Mulai dari puma, mountain lion, catamount, panther, mountain cat, dll. Total dalam bahasa inggris saja kucing besar ini memiliki 40 nama.

Panjang cougar dewasa dapat mencapai 95 cm, dengan berat badan mencapai 90 kg. Mereka dapat hidup di alam liar hingga usia 20 tahun.

Foto Jenis Kucing Besar Puma Meloncat di Atas Sungai
www.nytimes.com

Puma dapat berlari hingga kecepatan 80/jam. Berbeda dengan cheetah yang mampu menjaga kecepatannya untuk lari jarak jauh, puma tidak memiliki banyak stamina sehingga dia lebih mengandalkan pengejaran jarak pendek.

Anak puma belajar berburu sejak usia 6 bulan, mereka tipe yang sangat cepat menangkap pelajaran. Selain itu mereka juga belajar cara memanjat pohon sebelumnya.

3. Snow Leopard

Foto Jenis Kucing Besar Snow Leopard Berjalan di Atas Salju
plaza.ufl_.edu

Seperti namanya, hewan ini hidup di daerah bersalju di ketinggian hingga 4.500 mdpl. Tersebar di 12 negara, dari Tibetan Plateu hingg Siberia Selatan.

Snow leopard dewasa berbobot 52 kg dan dapat tumbuh hingga 125 cm. Ukuran ekor mereka hampir sepanjang tubuh mereka, berkisar antara 80 cm – 105 cm.

Pada kaki mereka terdapat bulu yang berfungsi seperti sepatu, sehingga tidak membuat telapak kaki mereka membeku. Ekor mereka yang panjang berguna seperti syal sehingga menambah kehangatan.

Foto Jenis Kucing Besar Snow Leopard Menggigit Ekornya
www.boredpanda.com

Sebagai salah predator ganas, mereka memiliki kekuatan yang besar. Snow leopard dapat berburu mangsa yang ukurannya 3 kali ukuran tubuh mereka. Jangkauan serangan meraka juga luas karena dapat melompat horizontal sejauh 9 meter.

Mereka hewan yang sangat pemalu dibanding jenis kucing besar lainnya, bahkan snow leopard menghindar dan bersembunyi jika merasakan kedatangan manusia. Oleh sebab itu belum pernah ada laporan kematian akibat serangan snow leopard.

4. Cheetah

Foto Jenis Kucing Besar Cheetah Berlari Kencang
www.nationalgeographic.com

Predator ini dapat hidup hingga 20 tahun di alam liar. Beratnya saat dewasa mencapai 63 kg dengan panjang tubuh 1,5 m.

Badan mereka ramping namun berotot, kakinya panjang, leher mereka panjang, kepala mereka bulat namun kecil, tulang belakang mereka lentur dan ekor mereka memberi keseimbangan. Seluruh bagian tubuh cheetah menghasilkan struktur yang aerodinamis.

Dengan struktur tersebut membuat cheetah sangat cepat dalam berlari. Percepatan dari 0 km/jam sampai 96 km/jam hanya memerlukan waktu 3 detik. Mereka dapat berlari hingga kecepatan maksimum yaitu 112 km/jam.

Saat mengejar mangsa suhu tubuhnya naik hingga 41 derajat celcius. Mereka adalah satu-satunya jenis kucing besar yang mampu berputar di udara ketika berlari.

Foto Jenis Kucing Besar Cheetah Berdiri di Atas Kayu
kurld.com

Cheetah merupakan predator yang efisien, mereka hanya akan mengejar mangsanya jika berada dalam jangkauan. Kucing besar ini juga pintar karena bisa mendeteksi mana mangsa yang paling lemah untuk dibunuh.

Berbeda dengan jenis kucing besar lainnya seperti harimau dan singa yang merobohkan mangsanya dengan menerkam, cheetah dengan pintar dan efisien hanya menyentuh kaki belakang mangsanya.

Sedikit sentuhan di kaki belakang sudah cukup membuat mangsa yang berlari kencang terjatuh. Baru setelah itu cheetah menerkam tengkung hewan buruannya hingga kehabisan darah.

Jenis kucing besar yang tidak meraung ini memiliki corak yang mirip dengan sifat sidik jari manusia, unik. Sehingga tidak mungkin ada dua cheetah yang memiliki corak yang sama persis.

5. Black Panther

Foto Jenis Kucing Besar Black Panther Close Up
animalwall.xyz

Mungkin kamu mengira warna black panther hanya hitam mengkilap saja bukan?

Padahal jika diamati lebih dekat, ada corak bintik-bintik di sekujur tubuhnya.

Sebenarnya jenis kucing besar yang disebut juga macan kumbang ini sejenis dengan macan tutul. Namun karena  memiliki habitat di hutan yang lebat dan gelap, macan kumbang mengalami evolusi sehingga bulunya menjadi hitam.

Foto Jenis Kucing Besar Black Panther di Atas Pohon
www.reference.com

Daya jelajah black panther adalah yang terjauh diantara semua jenis kucing besar, mereka mampu menempuh jarak 40 km sekali berjalan. Selain itu black panther adalah pemanjat pohon terbaik diantar jenis kucing besar lainnya.

Dalam berburu, kucing besar ini mengandalkan teknik stealth. Hal ini didukung dengan bulu hitam mereka yang berguna untuk penyamaran. Kaki black panther lembut dan tertutup bulu, memungkinkan mereka mengendap-ngendap tanpa terdengar oleh mangsanya.

6. Jaguar

Foto Jenis Kucing Besar Jaguar
inhabitat.co

Jaguar merupakan jenis kucing terbesar di Amerika. Mereka memiliki berat hingga 160 kg dan panjang tubuh mencapai 1,8 m.

Kekuatan rahangnya sangat luar biasa. Gigitannya mampu menembus tempurung kura-kura dan juga tengkorak mangsanya.

Foto Jenis Kucing Besar Jaguar di Atas Batang Pohon
kids.nationalgeographic.comHewan ini sangat ahli dalam memanjat pohon. Mereka akan bersembunya di atas pohon dan menyerang mangsanya secara tiba-tiba.

Walaupun sama-sama bercorak totol, jaguar dan macan tutul merupakan jenis hewan yang berbeda. Perbedaan yang paling kentara, pada tubuh jaguar terdapat titik kecil di tiap corak totolnya. Corak pada hewan yang termasuk jenis kucing besar ini sering disebut dengan rosettes.

 7. Leopard

Foto Jenis Kucing Besar Leopard Close Up
kingofwallpapers.com

Di Indonesia, salah satu jenis kucing besar ini lebih dikenal dengan sebutan macan tutul. Corak totolnya kosong alias tidak ada titik-titik di tengahnya.

Mereka adalah pemanjat pohon yang handal, selain itu mereka memiliki kekuatan yang besar. Mereka dapat dengan mudah menaikkan mangsanya yang berat ke atas pohon. Hal itu dilakukan agar hyena dan singa tidak merebut makanan mereka.

Foto Jenis Kucing Besar Leopard di Atas Batang Kayu
www.pinterest.com

Hewan yang memilki panjang tubuh berkisar 1,9 m dengan berat mencapai 75 kg ini sangat lincah. Mereka mampu melompat horizontal sejauh 6 m dan melompat vertikal setinggi 3 m. Selain itu leopard dapat berlari hingga kecepatan 58 km.

Macan Tutul merupakan hewan nokturnal, sehingga mereka berburu pada malam hari. Mereka tidak pilih-pilih makanan. Mamalia, hewan pengerat, burung, monyet, ikan, atau binatang lain di sekitar wilayah kekuasaannya dapat menjadi santapan baginya.

8. Singa

Foto Jenis Kucing Besar Singa di Sabana
www.wallpapersxl.com

Singa adalah simbol keberanian, kekuatan dan kekuasaan. Meskipun hidup di sabana, singa dikenal sebagai Raja Rimba. Status “Raja” menegaskan bahwa mereka berada di puncak teratas dalam rantai makanan.

Mereka semakin pantas menyandang gelar raja, karena merupakan satu-satunya jenis kucing besar yang memiliki rambut lebat di seluruh bagian sisi wajahnya, menyerupai mahkota.

Raungan sang raja ini dapat terdengar hingga jarak 8 km. Mereka dapat berlari dengan kecepatan 80km/jam dan dapat melompat sejauh 10 m. Berat pejantan dewasa mampu mencapai 250 kg dan dapat hidup hingga usia 15 tahun atau lebih.

Foto Jenis Kucing Besar Singa Close Up
globe-views.com

Predator buas ini merupakan satu-satunya jenis kucing besar yang hidup dalam berkelompok. Ketua dan pejantan dari kelompok bertugas untuk menjaga wilayah kekuasaan mereka, sedangkan betina bertugas untuk berburu makanan.

Walaupun terlihat sangat sempurna, singa mempunyai kelemahan yaitu penglihatannya saat malam hari cukup buruk dan mereka adalah jenis kucing besar yang paling buruk dalam hal memanjat pohon.

9. Harimau

Foto Jenis Kucing Besar Harimau Close Up
www4.ncsu.edu

Memiliki berat hingga 320 kg saat dewasa dengan panjang tubuh mencapai 3,3 m, menasbihkan dirinya sebagai kucing terbesar di dunia.

Tak hanya besar, mereka juga sangat kuat. Harimau mampu membunuh hewan yang besarnya dua kali lipat ukurannya.

Mereka mempunyai kaki yang sangat kuat. Luka hasil perkelahian atau tembakan tak begitu saja membuat mereka roboh. Bahkan tak jarang harimau mati dalam keadaan berdiri dengan keempat kakinya.

Foto Jenis Kucing Besar Harimau Berjalan
www.disney-vacation-rentals.com

Harimau merupakan hewan solitary atau penyendiri. Tiap harimau jantan mempunyai daerah kekuasaannya masing-masing, luasnya hingga 100 km persegi yang ditandai oleh bau mereka.

Berbeda dengan jenis kucing besar lainnya yang takut air, harimau justru merupakan perenang handal. Mereka tak segan menghabiskan waktunya untuk berenang, terutama di musim panas.

Indonesia sendiri memiliki salah satu subspesies harimau yang masih ada hingga sekarang, yaitu harimau sumatera.

Semua Jenis Kucing Besar Harus Dilindungi

Foto Jenis Kucing Besar Harimau Close Up
www.worldwildlife.org

Keren-keren semua kan jenis kucing besar yang kita bahas?

Mereka memiliki banyak perbedaan. Ukuran tubuhnya, warna bulunya, corak kulitnya, kemampuannya dan habitatnya. Semua itu menjadikan tiap jenis kucing besar unik.

Mereka memang buas dan ganas, namun keberadaan mereka harus terus dilindungi. Terutama bagi jenis kucing besar yang sudah diambang kepunahan.

Bukankah kita tidak ingin jika mereka hanya dapat kita jumpai di buku pelajaran atau dalam artikel-artikel saja?

Leave a Comment