hasil percobaan fisika sederhana

Contoh Laporan Praktikum Fisika Dasar untuk Tugas Sekolah yang Baik dan Benar, Terbaik!

Contoh Laporan Praktikum Fisika Dasar – Pelajaran fisika di sekolah pasti tak pernah lepas dari yang namanya praktikum. Oleh sebab itu siswa dituntut untuk bisa melakukan praktikum dengan cara yang baik dan benar sesuai prosedur yang berlaku.

Praktikum Fisika

praktikum fisika smp dan sma
www.cardiff.ac.uk

Praktikum adalah kegiatan terstruktur dan terjadwal yang fungsinya untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman nyata sehingga mereka lebih paham tentang suatu teori atau untuk membuktikan kebenaran suatu teori yang ada.

Saat siswa semakin paham maka mereka akan menguasai keterampilan baru yang berkaitan dengan teori yang telah diuji coba melalui praktikum tersebut.

Laporan Praktikum Fisika Dasar

Pembuatan laporan merupakan tahap yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan praktikum. Dengan adanya laporan maka kita memiliki seluruh data yang utuh berkaitan dengan praktikum yang kita lakukan.

Adanya laporan praktikum juga memudahkan kita untuk menyebarkan hasil praktikum kepada publik. Sehingga hasil karya kita dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Komponen Laporan Praktikum Fisika Dasar

Komponen yang ada pada laporan praktikum fisika tidak jauh berbeda dengan cabang mata pelajaran IPA yang lain seperti Biologi dan Kimia.

Berikut Komponennya:

  • Cover
    • Judul Laporan
    • Logo Sekolah
    • Nama Penulis
    • Tanggal
  • Kata Pengantar
  • Isi
    • Judul
    • Tujuan
    • Manfaat
    • Rumusan Masalah
    • Hipotesis
    • Alat dan Bahan
    • Cara Kerja
    • Petunjuk Keselamatan
    • Tabel Data
    • Pembahasan
    • Kesimpulan

Contoh Laporan Praktikum Fisika Dasar yang Baik dan Benar

energi ayun dari gerak ayunan sederhana
www.wisegeek.com

Meskipun kita sudah mengetahui komponen-komponen yang terkandung dalam laporan praktikum fisika, terkadang kita tetap membutuhkan referensi berupa contoh laporan praktikum fisika dasar yang sudah jadi.

Tidak masalah jika laporan yang telah dipublikasi kamu jadikan acuan untuk belajar. Asal jangan sampai kamu menyalin seluruh isinya untuk dijadikan tugasmu sendiri.

Berikut contoh laporan praktikum fisika dasar yang dapat kamu jadikan inspirasi.

ENERGI PADA AYUNAN

 

  

 

 

 

Oleh :

 

ARUMI SARI K.

NO. ABSEN : 09

KELAS : VII D

SMPN 90 JARANAN

 

 

 

 

 

NOVEMBER

2016

 

 

KATA PENGANTAR

Saya panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan YME atas karuniaNya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas penulisan laporan Energi Pada Ayunan dalam usaha untuk memenuhi tugas mata pelajaran Fisika di SMPN 90 Jaranan ini.

Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru Fisika dan pihak-pihak lain  yang telah memberikan bimbingan dan bantuannya pada saya, sehingga tugas penulisan laporan ini dapat saya selesaikan. Terimakasih juga saya sampaikan kepada teman sekelompok atas kerja samanya, sehingga percobaan dapat dilakukan dengan baik.

Harapan saya, semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, dan bagi saya sendiri.

Jaranan, 14 November 2016

                 Penulis

 

I. JUDUL

Energi Pada Ayunan.

II. TUJUAN

Agar kita bisa lebih tahu secara detail mengenai perubahan-perubahan energi pada ayunan.

III. MANFAAT

Untuk memenuhi tugas mata pelajaran Fisika mengenai hal-hal yang berkenaan dengan energi pada ayunan.

IV. RUMUSAN MASALAH

Bagaimanakah kamu menggunakan sebuah model untuk menjawab pertanyaan:

“Bayangkan dirimu berada dalam ayunan. Apa yang terjadi seandainya temanmu menahan tali ayunanmu pada bagian tengahnya saat melintas pada titik/garis setimbang?“

 V. HIPOTESIS

1. Ayunan akan tetap bergerak walaupaun diberi penahan.

2. Ayunan akan cenderung bergerak menuju ketinggian pada posisi awal walau diberi penahan.

VI. ALAT DAN BAHAN

1. Statif dan klem

2. Batang berklem

3. Bandul ayunan

4. Tali rafia

5. Mistar

VII. CARA KERJA                              

1. Menyiapkan alat yang digunakan.

2. Menyusun alat sesuai gambar yang tertera pada MODUL IV.

3. Melakukan percobaan dengan panjang tali 50 cm!

Menyimpangkan bandul pada ketinggian 20 cm, lalu diayunkan! Pada saat bandul berada pada titik/garis setimbang, tahan tali pada bagian tengah tali (25 cm)!

Menyimpangkan bandul pada ketinggian 40 cm, lalu diayunkan! Pada saat bandul berada pada titik/garis setimbang, tahan tali pada bagian tengah tali (25 cm)!

4. Melakukan percobaan dengan panjang tali 70 cm!

Menyimpangkan bandul pada ketinggian 20 cm, lalu ayunkan! Pada saat bandul berada pada titik/garis setimbang, tahan tali pada bagian tengah tali (35 cm)!

Menyimpangkan bandul pada ketinggian 40 cm, lalu diayunkan! Pada saat bandul berada pada titik/garis setimbang, tahan tali pada titik/garis setimbang, tahan tali pada bagian tengah tali (35 cm)!

VIII. PETUNJUK KESELAMATAN

Meyakinkan bahwa landasan cukup berat sehingga peralatan itu tidak roboh.

IX. TABEL DATA :

9.1. Hasil Pengamatan

tabel dari dari contoh laporan praktikum fisika dasar

Catatan : 

*Percobaan untuk masing-masing panjang tali dan ketinggian awal dilakukan sebanyak tiga kali.

  • Berat bandul = 40 gr = 0,04 kg.
  • Untuk panjang tali 50 cm, waktu satu ayun dari ketinggian awal kembali ke titik awal adalah 5 detik pada simpangan 20 cm, dan 12 detik pada simpangan 40 cm.
  • Untuk panjang tali 70 cm, waktu satu ayun dari ketinggian awal kembali ke titik awal adalah 4 detik pada simpangan 20 cm, dan 10 detik pada simpangan 40 cm.
  • Tinggi meja ke lantai adalah 72 cm.
  • Untuk panjang tali 50 cm, tinggi bandul sejajar tinggi permukaan meja.
  • g = 9,8 m/s2

9.2 Hasil Perhitungan

9.2.1. Tabel Energi Potensial (Ep)

tabel lanjutan laporan fisika

Contoh perhitungan :   

Ep = m.g.h

= 0,04 kg x 9,8 m/s2 x 0,72 m

= 0,28 Joule.

 9.2.2. Tabel Energi Kinetik (Ek)

tabel data hasil pengukuran menggunakan alat ukur

hasil pengukuran menggunakan alat ukur untuk laporan dan tabel data pelajaran fisika

ayunan sederhana yang bisa diukur untuk tugas fisika smp

Keterangan : jarak 1x ayun  =  A – B – C – B – A.

9.2.3. Tabel Energi Mekanik (Em)

tabel pelajaran tugas sekolah sma kelas 2 fisika dasar

Contoh perthitungan :

Em  =  Ep  +  Ek   

=  0,36 J  +  0,00126 J

=  0,36126 Joule.

 X. PEMBAHASAN :

Pada percobaan di atas, energi potensial dapat dihitung karena ada data tentang massa bandul, gaya gravitasi dan tinggi bandul dari lantai. Ep terbesar terdapat pada bandul yang berada di titik awal dan akhir 40 cm baik pada bandul dengan panjang tali 50 cm maupun 70 cm, dan Ep terbesar diantara dua panjang tali tersebut ada pada bandul dengan panjang tali 50 cm dan simpangan 40 cm. Sedangkan Ep terkecil terdapat pada bandul dalam keadaan setimbang baik pada bandul dengan panjang tali 50 cm maupun 70 cm, dan Ep terkecil diantara dua panjang tali tersebut ada pada bandul dengan panjang tali 70 cm dalam keadaan setimbang. Hal ini disebabkan karena pada keadaan setimbang jarak bandul ke lantai paling dekat. Dengan berat bandul yang sama, semakin jauh jaraknya dengan lantai maka Ep-nya akan semakin besar. Besar sudut simpangan (titik awal/akhir) mempengaruhi jarak bandul dari lantai yang kemudian berpengaruh pada besarnya Ep.

Pada percobaan di atas, besar energi kinetik dapat dihitung karena ada data tentang panjang tali, jauh simpangan dan waktu ayun. Dari hasil perhitungan, Ek terbesar pada bandul dengan panjang tali 50 cm dan 70 cm ada pada simpangan 20 cm. Semakin besar simpangan akan semakin besar jarak ayun,  tetapi semakin besar simpangan waktu ayun menjadi lebih lama. Ek terbesar terdapat pada bandul yang berada pada panjang tali 70 cm dan simpangan 20cm.  Sedangkan Ek terkecil terdapat pada bandul dengan panjang tali 50 cm dan simpangan 40 cm. Hal ini disebabkan karena semakin dekat jarak bandul dengan lantai maka kecepatan bandul akan semakin besar. Dengan berat bandul yang sama, maka keadaan tersebut akan mempengaruhi besarnya Ek. Seharusnya Ek terbesar adalah saat bandul pada posisi setimbang dimana jarak bandul ke lantai adalah paling dekat, sehingga kecepatannya juga yang paling besar. Tetapi kami tidak dapat menghitung besar Ek, karena kekurang telitian kami dalam melakukan percobaan.

Dari hasil Ep bandul dan Ek bandul dapat dihitung besar energi mekanik (Em) bandul. Hasil perhitungan Em pada bandul dengan panjang tali 50 cm dan 70 cm terdapat selisih. Hal ini disebabkan karena adanya kekurangtelitian kami dalam melakukan percobaan. Seharusnya besar Em bandul pada panjang tali 50 cm dan 70 cm dan pada simpangan 20 cm dan 40 cm adalah sama besar, seperti yang dinyatakan dalam Hukum Kekelan Energi bahwa energi mekanik suatu benda pada ketinggian tertentu baik dalam keadaan diam ataupun bergerak adalah sama (kekal).

XI. KESIMPULAN

  • Besar energi potensial bandul dengan massa yang sama dipengaruhi oleh ketinggian atau jarak bandul dengan lantai, semakin jauh dari lantai akan semakin besar Ep-nya..
  • Besar energi kinetik bandul dengan massa yang sama dipengaruhi oleh besar simpangan bandul dari titik kesetimbangan dan jarak bandul dengan lantai.
  • Semakin dekat gerak bandul dengan titik kesetimbangan akan semakin besar Ek-nya, dan Ek terbesar adalah saat gerak bandul sampai pada posisi kesetimbangan, dan semakin dekat jarak bandul dengan lantai maka Ek-nya juga semakin besar.

 

Menjadikan Contoh Laporan Praktikum Fisika Dasar sebagai Referensi Tugas

hasil percobaan fisika sederhana
http://smwv.org/

Demikian contoh laporan praktikum fisika dasar mengenai energi ayun. Format contoh laporan praktikum ini dapat kamu aplikasikan ke berbagai tema praktikum fisika yang akan kamu kerjakan nantinya.

Semoga contoh laporan praktikum fisika dasar ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu semua. Jangan berkecil hati bila kamu belum paham, teruslah belajar, meneliti dan menulis. Semakin lama pasti kamu akan semakin jago.

Tingkatkan terus semangat belajarnya ya!

Leave a Comment