Mata Berkedip

Cara Menyegarkan Mata dari Kelelahan di Depan Komputer, Komplit !

Cara Menyegarkan Mata – Tidak hanya tubuh yang bisa kelelahan setelah banyak melakukan kegiatan. Mata pun bisa kelelahan ketika kita terlalu lama beraktivitas di depan komputer.

Mata yang lelah membuat kita tidak fokus lagi. Sehingga kita perlu mempraktekkan cara menyegarkan mata yang benar.

Tujuannya agar tidak lelah lagi dan kembali segar. Sehingga kita bisa melanjutkan kegiatan atau pekerjaan kita di depan komputer.

Berikut cara menyegarkan mata dari kelelahan akibat terlalu lama berada di depan komputer yang telah kami rangkum.

Pengaturan Seputar Komputer

Mengatur beberapa hal yang berhubungan dengan komputer dan sekitarnya dapat mengurangi tingkat kelelahan mata kita.

1. Kecerahan Layar Monitor

cara menyegarkan mata dengan mengatur brightness monitor
www.intowindows.com

Jika layar komputer atau laptop terlalu cerah ataupun gelap dapat memudahkan mata kita untuk lelah. Sebaiknya kamu mengatur tingkat kecerahan (brightness) layar monitormu sampai kamu merasa nyaman.

2. Penerangan Ruangan

Mengatur Penerangan Ruangan
www.heramdecor.com

Jika cahaya matahari sudah cukup menerangi ruangan, tidak perlu lagi untuk menyalakan lampu. Karena cahaya yang berlebihan akan membuat mata menjadi tegang. Ketegangan pada mata berakibat mata menjadi cepat lelah.

3. Kurangi Glare pada Layar

Glare pada Laptop Membuat Mata Lelah
www.ebuyer.com

Ketika kamu sedang menggunakan laptop di luar ruangan yang cerah sekali, biasanya layarmu akan menjadi seperti cermin yang memantulkan cahaya. Fenomena ini disebut glare.

Efek glare membuat mata berusaha lebih keras untuk fokus melihat isi monitor yang tidak jelas (monitor tertupi pantulan cahaya).

Sebaiknya kamu tidak membelakangi cahaya agar efek glare tidak terjadi. Solusi lainnya adalah mencari tempat yang teduh jika sedang menggunakan laptop di luar ruangan.

4. Pemasangan Filter

Anti Radiasi Membuat Layar Buram
www.dataflex.com.sg

Pemasangan filter seperti anti glare dan anti radiasi memang membantu mata agar tidak cepat lelah. Namun konsekuensinya adalah kualitas layar menurun drastis.

Mungkin bagi kamu yang penggunaan komputer atau laptopnya didominasi untuk mengetik tidak akan bermasalah dengan hal tersebut.

Namun jika kamu memerlukan kualitas layar yang tinggi misalnya untuk mendesain, bermain game high definition dan menonton film tentu akan keberatan menggunakan filter pada layar.

5. Pembersihan Layar Monitor

Membersihkan Monitor Secara Rutin
www.wikihow.com

Layar monitor yang kotor membuat kamu menjadi sulit fokus dan membuat mata menjadi tegang. Tentu hal ini mengganggu kegiatanmu di depan layar komputer.

Oleh sebab itu bersihkan monitor dengan cairan pembersih secara rutin.

Bahan-Bahan Alami

Menggunakan bahan-bahan alami merupakan bagian dari cara menyegarkan mata yang lelah. Memang bahannya gampang ditemukan namun prosesnya lumayan merepotkan. Sehingga cara ini lebih cocok bila dilakukan di rumah.

1. Teh

Kantong Teh untuk Menyegarkan Mata
dougandangelalawrence.blogspot.com

Selain menyegarkan tenggorokan kita, ternyata teh dapat menjadi salah cara menyegarkan mata. Kandungan antioksidan dan tanninnya sangat bagus sebagai penyegar dan pelembab alami.

Sebelum digunakan, rebuslah kantung teh selama 3 menit dan biarkan setelah itu. Bila panasnya telah hilang masukkan ke dalam kulkas selama 3-5 menit.

Ketika mata mulai lelah, kompres dengan kantung teh selama 15 menit. Mata akan kembali rileks dan segar.

2. Sendok Dingin

Sendok Dingin untuk Menyegarkan Mata yang Lelah
www.xojane.com

Masukkan sendok atau benda-benda lain yang terbuat dari bahan metal ke dalam kulkas atau kotak es. Biarkan selama beberapa waktu sampai kamu membutuhkannya.

Ketika mata mulai lelah ambil sendok dari dalam kulkas. Kemudian kompres mata kamu dengan sendok dingin tersebut.

Dengan menempelkan benda-benda metal bersuhu dingin mata akan kembali segar. Selain itu membuat peredaran darah lancar, mengurangi kemerahan, bahkan bisa mengurangi bengkak.

3. Susu

Susu Menyegarkan Mata yang Capek
github.com

Sebelum mata lelah, siapkan beberapa lembar kapas yang direndam dalam susu di sebuah mangkuk. Simpan mangkuk di lemari es sampai dingin.

Setelah itu tinggal kompres mata yang lelah dengan kapas tadi. Khasiat susu dapat merawat, melembabkan dan menghaluskan kulit di sekitar mata. Tentu saja mata akan jadi lebih segar setelah dikompres dengan susu.

4. Putih Telur

Putih Telur untuk Mengencangkan Kulit di Area Mata
unik123.com

Kandungan riboflavin atau vitamin B2 dalam putih telur cukup tinggi yang berguna untuk melancarkan peredaran darah, melembabkan, melembutkan dan mengencangkan kulit.

Kamu sebaiknya secara rutin mengoleskan putih telur di sekitar area mata secara melingkar. Diamkan selama 15 menit hingga kering. Untuk membersihkannya cukup basuh dengan air dingin.

Hasilnya mata menjadi tidak lelah dan segar. Bonusnya kulit di sekitar mata menjadi kencang. Sayangnya aroma putih telur sedikit amis. Jadi buat kamu yang tidak suka dengan aromanya akan terganggu.

5. Mentimun

Mentimu Menjadi Cara Menyegarkan Mata
www.cantikalamiah.com

Jenis sayur yang wajib ada di menu masakan lalapan ini kaya akan vitamin C yang berguna untuk melembabkan dan menyegarkan mata.

Mentimun juga mengandung caffeic acid yang dapat mengurangi sembab dan mengempeskan bengkak pada mata.

Untuk penggunaannya, iris timun menjadi beberapa bagian. Dinginkan potongan-potongan tersebut ke dalam kulkas selama beberapa jam.

Saat mata mulai lelah, tempelkan timun yang telah dingin ke mata selama 15 menit atau lebih. Cara ini akan menyegarkan mata kamu kembali.

Aktivitas untuk Mata

Ada banyak aktivitas yang bisa menyegarkan mata kita yang lelah. Sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak waktu.

1. Mengedipkan Mata

Mata Berkedip
www.viralnovelty.net

Biasanya saat terlalu berkonsentrasi melihat layar komputer, kita jadi tidak berkedip. Oleh karena itu cobalah mengedipkan mata beberapa kali.

Mengedipkan mata berguna untuk menjaga kelembaban dan tentu saja menyegarkan penglihatan kita kembali.

2. Eye Palming

Eye Palming Baik untuk Menyegarkan Mata yang Lelah
batesvision.com

Apa itu eye palming?

Eye palming adalah teknik yang membantu mata untuk rileks. Caranya mudah untuk dipraktekan.

Pertama-tama gosok-gosokan kedua tangan kita sampai terasa panas. Kemudian tutup kedua mata dengan telapak tangan tadi namun jangan sampai mengenai bola mata (mata harus terpejam). Jangan ada cahaya dari luar yang masuk ke mata

Lakukan teknik tersebut berulang-ulang dan rutin agar mata menjadi segar kembali.

3. Memijat Wajah

Memijat Mata Baik untuk Menyegarkan Mata
cmeythasari.wordpress.com

Pijatlah arae wajah dan sekitar matamu sendiri sesuai dengan gambar diatas. Pijatan yang lembut memperlancar perederan darah di sekitar area mata.

Lelah di mata pun akan hilang dan kembali segar.

4. Mengompres Mata

Mengompres Mata Bagus untuk Menghilangkan Kelelahan
penyakitglaukoma.com

Gunakan kain untuk mengompres mata selama 15-20 menit.

Mengompres dengan air hangat akan membantu menghilangkan lelah yang terasa. Sedangkan mengompres dengan air dingin akan menyegarkan mata kamu kembali.

5. Melihat Pemandangan Hijau

Melihat Tanaman Hijau Membantu Menyegarkan Mata
www.pinterest.com

Jika mata lelah alihkan pandanganmu untuk melihat tanaman hijau. Alangkah baiknya jika di meja kerja kita mempunya tanaman indoor yang bisa kita lihat kapanpun.

Melihat tanaman akan mengembalikan kesegaran mata kita.

6. Senam Mata

Senam Mata sangat Bagus untuk Kesehatan Mata
www.healthrecoverytips.com

Senam mata sangat mudah dilakukan. Cukup ikuti gambar di atas.

Lakukan tiap gerakan selama dua detik. Ulangi set gerakan tersebut beberapa kali. Hasil maksimal akan didapatkan jika kita melakukan senam mata ini setiap hari.

7. Tidur

Tidur Cukup Baik untuk Kesehatan Mata
www.newhdwallpaper.in

Tidur cukup tentu baik bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali mata. Jika mata sudah sangat lelah, lebih baik luangkan waktu untuk tidur.

Mata akan beristirahat dan setelah bangun akan kembali segar.

Cara Menyegarkan Mata yang Lelah Sangat Mudah

Mata Kembali Segar
www.rebuildyourvision.com

Mudah bukan untuk menyegarkan mata kita?

Ya, tidak sulit mempraktekkan cara menyegarkan mata yang lelah. Banyak pilihan yang bisa kamu coba sesuai dengan keinginanmu.

Jika kamu rutin melakukannya, mata akan terjaga kesegaran dan kesehatannya. Tentu hal ini yang sama-sama kita ingin dapatkan.

Leave a Comment