Latihan Cara Mengetik dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

Cara Mengetik Dengan 10 Jari Termudah, Pasti Cepat Bisa!

Cara Mengetik dengan 10 Jari – Mengetik sudah menjadi kegiatan yang dilakukan banyak orang setiap harinya.

Mulai dari siswa yang mengetik untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, pegawai kantoran yang menyelesaikan laporan mereka. Bahkan hampir seluruh orang di dunia yang menggunakan media sosial juga mengetik tiap harinya.

Oleh sebab itu rasanya skill mengetik dengan 10 jari tanpa melihat keyboard sangat penting untuk kita kuasai.

Tidak sulit untuk mempelajarinya, yang terpenting kita harus memiliki niat yang kuat sebelum mencoba dan kekuatan untuk melawan rasa malas dan bosan ketika praktek nantinya.

Berikut cara mengetik dengan 10 jari yang benar dan mudah.

Manfaat Mengetik dengan 10 Jari

manfaat cara mengetik dengan 10 jari
footage.framepool.com

Sebelum mulai belajar cara mengetik dengan 10 jari yang benar tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan.

1. Mengetik Lebih Cepat

Mengetik dengan 10 jari tentu lebih cepat daripada mengetik dengan 2 jari telunjuk saja. Dengan 10 jari, perpindahan antar jari cukup dekat. Hal ini tentu mempersingkat waktu.

Berbeda kalau kita mengetik dengan 2 jari. Perpindahan jari menjadi terlalu jauh sehingga memperlambat pengetikan.

2. Hemat Tenaga

Menggunakan 10 jari saat mengetik berarti pekerjaan tiap jari jadi lebih ringan. Sehingga tidak memerlukan tenaga yang banyak. Jika hanya dengan dua jari, maka beban kedua jari tersebut cukup banyak, apalagi jika kita mengetik banyak tulisan.

3. Mengetik Tanpa Melihat Keyboard

Jika sudah terbiasa mengetik dengan 10 jari, lama-kelamaan kita bisa mengetik tanpa melihat keyboard. Kecepatan mengetik akan meningkat secara drastis dan mata kita bisa lebih fokus ke layar.

4. Peluang Usaha

Kita bisa membuka jasa pengetikan jika ketikan kita sudah cepat. Selain itu kita bisa menambah uang saku dengan mengetik captcha online di situs-situs typing, seperti kolotitablo, megatyper, dll.

Apakah kamu sudah termotivasi setelah mengetahui manfaat-manfaatnya. Kalau sudah siap, langsung saja kita bahas cara mengetik dengan 10 jari yang benar.

Posisi Jari Sebelum Mengetik

posisi f dan j di menjadi patokan jari telunjuk ketika mempraktekkan cara mengetik dengan 10 jari
apple.stackexchange.com

Tahukah kamu kenapa tombol “F’” dan “J” di semua keyboard merk apapun selalu memiliki tonjolan?

Fungsi tonjolan tersebut adalah sebagai patokan posisi kedua jari telunjuk kita sebelum mulai mengetik. Jari telunjuk kiri di tombol “F” dan yang kanan di tombol “J”. Posisi jari yang lain mengikuti di samping masing-masing jari telunjuk.

Tangan kiri:

  • Ibu Jari = spasi
  • Jari Tengah = D
  • Jari Manis = S
  • Jari Kelingking = A

Tangan kanan:

  • Ibu Jari = spasi
  • Jari Tengah = K
  • Jari Manis = L
  • Jari Kelingking = :

Selain sebagai posisi awal sebelum mengetik, posisi ini juga berlaku untuk sebagian jari yang sedang tidak mengetik.

Misalnya ketika menulis “aku ini…”, jari manis, tengah, telunjuk dan ibu jari tangan kiri tidak sedang menekan tombol apa-apa. Maka otomatis letakkan keempat jari tersebut ke posisi awal.

Posisi Telapak Tangan

Posisi Tangan ketika mempraktekkan cara mengetik dengan 10 jari
www.pinterest.com

Posisi kedua telapak tangan lurus ke depan jika dilihat dari atas. Jangan miring keluar atau ke dalam. Telapak tangan jika dilihat dari samping juga lurus yang berarti agak mengambang.

Fungsi dari posisi tersebut agar telapak tangan tidak menghambat pergerakan jari saat mengetik dengan 10 jari, sehingga mengetik jadi lebih cepat. Jika telapak menempel pada permukaan meja maka akan menghambat pergerakan jari.

Tentu awalnya pasti terasa melelahkan ketika mencoba posisi ini. Namun lambat laun akan terbiasa dan mulai terlihat peningkatan kecepatan dalam mengetik dengan 10 jari.

Pembagian Tugas Jari

Posisi Jari yang Benar ketika Mengetik dengan 10 Jari
www.thinglink.com

Saat mengetik dengan 10 jari, tiap jari memiliki tugas menekan tombol yang berbeda-beda pada keyboard. Sehingga beban tiap jari menjadi lebih kecil.

Tangan kiri:

  • Ibu Jari = spasi
  • Jari Telunjuk = “F, R, V, G, T, B, 4 dan 5
  • Jari Tengah = D, E, C dan 3
  • Jari Manis = S, W, X dan 2
  • Jari Kelingking = A, Q, Z, 1, Alt. Selain itu juga digunakan untuk menekan tombol-tombol lain seperti, Windows, Fn, Ctrl, Shift, Capslock, Tab, tanda tak terbatas (~)

Tangan kanan:

  • Ibu Jari = spasi
  • Jari Telunjuk = J, H, U, Y, M, N, 7, 6
  • Jari Tengah = K, I, koma (,), tanda lebih kecil (<), 8, tanda bintang (*)
  • Jari Manis = L, O, 9, tanda kurung kiri ( ( ), titik (.), tanda lebih besar (>) dan Alt
  • Jari Kelingking = P, titik dua (:), tanda titik koma (;), tanda kutip (‘), tanda petik (“), Enter, tanda kurung siku ( [ ] ), kurung kurawal ( { } ), tanda backslash ( \ ), tanda pemisah ( | ) tanda tanya ( ? ), tanda slash ( / ), tanda klik kanan (sepeti icon dokumen), Shift kanan, Ctrl kanan.

Kedua ibu jari kok tugasnya sama?

Memang, tugas kedua ibu jari sama-sama menekan tombol spasi. Namun bukan berarti ketika menekan tombol spasi harus menggunakan kedua ibu jari bersamaan.

Penggunaan yang tepat adalah, ketika sebelum menekan tombol spasi kita menekan tombol menggunakan jari di tangan kiri, maka spasi ditekan oleh ibu jari kanan. Begitu pula sebaliknya untuk ibu jari yang kiri.

Hafalkan tugas-tugas tiap jari tersebut agar mengetik dengan 10 jari semakin lancar!

Berlatih Cara Mengetik dengan 10 Jari

Berlatih Mengetik dengan 10 Jari
www.citylit.ac.uk

Menghafal tugas-tugas tiap jari akan lebih cepat bila dibarengi dengan praktek. Tidak masalah jika awalnya jari masih terasa kaku dan tidak nyaman saat mengetik dengan 10 jari. Hanya perlu waktu agar menjadi biasa.

Hal yang paling penting adalah konsistensi. Jadi luangkan waktu tiap hari untuk mempraktekkan cara mengetik dengan 10 jari.

Tidak masalah jika hanya 30 menit, namun dalam waktu tersebut kamu harus konsentrasi dan hanya berlatih cara mengetik dengan 10 jari, tanpa diselingi kegiatan lain.

Ketika tangan dan jari mulai lelah ketika mencoba cara mengetik dengan 10 jari, maka segeralah istirahat dahulu agar tidak menimbulkan cedera.

1. Mengetik Pemanasan

Untuk latihan pertama mengetik dengan 10 jari kamu tidak perlu mengetik sebuah kata atau kalimat yang bermakna. Ketikkan tiap huruf sesuai dengan tugas jari masing-masing.

Misalnya ketikkan:

AWCFZSEV = untuk melatih pergerakan semua jari di tangan kiri

HIOPJML/ = untuk melatih pergerakan jari-jari di tangan kanan

Lakukan berulang-ulang sampai terasa lancar!

2. Mengetik Kata

Setelah mulai terbiasa dan hafal tugas-tugas tiap jari, kamu bisa mulai mengetikkan kata-kata.

Mulai dari kata yang terdiri dari 3 huruf dulu, misalnya: aku, dia, oke, dll.

Tulis kata-kata tersebut sampai selembar penuh baru tingkatkan ke kata yang mengandung 4 huruf, seperti: kamu, duri, apel, pion, dll.

Lanjutkan ke kata-kata lain yang lebih banyak ketika sudah lancar.

3. Mengetik Kalimat

Kamu sudah mulai lancar mengetik kata per kata. Saatnya mulai mengetik kalimat yang panjang dengan 10 jari. Salah satu kalimat paling terkenal ini bisa kamu jadikan bahan latihan

“The Quick Brown Fox jumped over the Lazy Dog”

Kenapa kalimat tersebut?

Karena dalam kalimat tersebut terkandung huruf A sampai Z dan memiliki sebuah arti jika diterjemahkan.

Ketika menulis kalimat tersebut jari-jarimu akan makin terbiasa melakukan tugasnya masing-masing. Kamu jadi makin mahir mempraktekkan cara mengetik dengan 10 jari yang benar.

Mengetik di Numeric Keypad

Mengetik di Numpad yang Baik dan Benar
www.youtube.com

Numeric Keypad atau yang biasa disebut dengan numpad adalah bagian dari keyboard yang berisi angka-angka. Terletak di bagian paling kanan keyboard.

Pekerjaan seperti kasir, akuntasi keuangan, dll sangat membutuhkan skill mengetik angka di numpad.

Jadi tidak ada salahnya kita belajar cara mengetik angka di numpad yang benar.

1. Posisi Jari Sebelum Mengetik

Untuk mengetik di numpad kita hanya menggunakan jari-jari di tangan kanan.

  • Ibu Jari = 0
  • Jari Telunjuk = 4
  • Jari Tengah = 5
  • Jari Manis = 6
  • Jari Kelingking = +

2. Posisi Jari Waktu Mengetik

  • Ibu Jari = 0
  • Jari Telunjuk = 1, 4, 7, NumLock
  • Jari Tengah = 2, 5, 8, /
  • Jari Manis = 3, 6, 9, *
  • Jari Kelingking = Enter, +, –

3. Latihan Mengetik di Numpad

Latihan bisa dilakukan dengan mengetik sembarang angka, mulai dari 3 angka terlebih dahulu baru meningkat ke angka yang lebih banyak.

Jika sudah lancar coba ketik semua nomer kontak teman-teman yang ada di handphonemu. Nomer handphone berisi 11-13 angka, sangat bagus untuk dijadikan bahan latihan mengetik di numpad.

Cara Mengetik dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

Cara Mengetik dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard
silktide.com

Kamu sudah hafal tugas-tugas tiap jari saat mengetik dengan 10 jari. Kecepatanmu sudah meningkat pesat dibandingkan sebelumnya.

Berita baiknya, kecepatanmu masih bisa bertambah secara signifikan jika kamu bisa mengetik dengan 10 jari tanpa melihat keyboard.

Pandanganmu akan terfokus ke layar monitor, tidak perlu terganggu dengan bolak-balik melihat ke keyboard lagi.

Latihan Mengetik dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard

Latihan Cara Mengetik dengan 10 Jari Tanpa Melihat Keyboard
www.cheatsheet.com

Latihannya sama seperti latihan di awal-awal, mulai dari mengetik kata yang mengandung 3 huruf saja sampai menulis kalimat. Bedanya sekarang kamu sama sekali tidak boleh melihat keyboard!

Kecepatanmu pasti akan turun drastis untuk sementara. Biarkan saja dan terus berlatih sampai kamu tidak membuat kesalahan saat mengetik dengan 10 jari tanpa melihat keyboard.

Belajar Cara Mengetik dengan 10 Jari dari Media Lain

Belajar Mengetik dengan 10 Jari dari Media Lain
thenextweb.com

Kalau kamu cepat merasa bosan ketika berlatih mengetik dengan 10 jari sendirian, mungkin kamu bisa mencoba beberapa media alternatif sebagai metode belajar alternatif.

Melalui Website

1. 10fastfingers.com

Web ini sangat bagus untuk belajar cara mengetik dengan 10 jari yang benar. Kelebihan 10fastfingers.com adalah mereka menyediakan Bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah bagi kita untuk berlatih mengetik kata-kata.

Selain itu, ada fitur ujian juga. Setelah mengikuti ujian maka kita bisa mendapat nilai. Sehingga kita bisa tahu sudah sebaik apa kita dalam mengetik dengan 10 jari.

Fitur yang tak kalah pentingnya adalah leaderboard. Disini kita bisa melihat perolehan nilai dari orang diseluruh dunia. Membuat kita terpacu untuk terus meningkatkan kecepatan dalam mengetik.

2. ratatype.com

Ratatype.com ini memang tidak menyediakan menu dalam Bahasa Indonesia, tapi tetap menjadi salah satu website terbaik untuk belajar mengetik.

Ada fitur group yang memudahkan kita belajar bersama teman-teman maupun teman online dari negara lain.

Fitur yang paling menarik adalah adanya sertifikat digital setiap kita menyelesaikan tes. Tentu memberi kepuasaan sendiri melihat nama dan nilai kita dalam sebuah sertifikat, seperti mengikuti kursus offline.

Membuat kita semangat untuk belajar menjadi lebih baik lagi.

Melalui Game

Buat gamer, rasanya tidak ada metode pembelajaran paling efektif selain bermain game. Berita baiknya, ada game yang memang dibuat khusus untuk tujuan meningkatkan kecepatan kita dalam mengetik dengan 10 jari.

1. typeracer.com

Game ini bersifat online, sehingga kita akan melawan pemain lain dari seluruh dunia. Tiap pemain diwakilkan oleh mobil.

Tiap kata yang kita ketik membuat mobil berjalan. Berarti semakin cepat kita mengetik, semakin di depan posisi mobil kita. Pemenang game ini adalah yang paling dulu mencapai garis finish.

Walupun visualnya sangat sederhana, namun tetap sangat menyenangkan untuk dimainkan.

2. The Typing of The Dead: Overkill

Game satu ini sangat cocok untuk gamer hardcore yang ingin meningkatkan kemampuannya mengetik dengan 10 jari. Disini kita berperan sebagai pemburu zombie.

Jika di game bertema zombie lainnya kita menggunakan senjata untuk mengalahkan musuh. Di game ini tiap zombienya terdapat papan nama di dadanya.

Kita harus mengetik secepat mungkin nama yang ada untuk mengalahkan zombie tersebut. Jika tidak cepat, maka mereka yang akan melumpuhkan kita.

Selain alurnya yang seru game ini ditunjang dengan grafis yang indah. Tidak ada salahnya belajar mengetik dengan 10 jari sekaligus membasmi zombie. Dijamin Seru!

Cara Mengetik dengan 10 Jari Ternyata Mudah

Cara Mengetik dengan 10 Jari itu Mudah
www.dickiebird.co.nz

Jika kamu mengikuti semua langkah-langkah di atas, kami jamin kamu akan bisa mengetik dengan 10 jari dengan kecepatan yang luar biasa dan dengan ketepatan yang tinggi. Asalkan diimbangi dengan latihan yang tekun dan konsisten.

Ketika kamu sudah mahir dalam mengetik, kamu akan merasakan asyiknya mengetik 10 jari dengan kecepatan tinggi. Rasanya sungguh menyenangkan ketika jari-jari kita menari-nari di atas tombol keyboard.

Selamat berlatih, Selamat mengetik!

Leave a Comment