Nonton Bareng Pertandingan Arsenal Paling Bersejarah

Arsenal adalah klub favorit saya sejak SMP kelas 1, namun hanya di dalam game saja. Kala itu saya lebih suka bermain game sepak bola atau bermain sepak bola langsung daripada menonton pertandingan bola. Baru ditahun 2008 saya melihat pertandingan Arsenal di televisi untuk pertama kalinya.

Sebagai fans tentu saya sangat ingin melihat Arsenal mengangkat trophy diakhir musim. Namun keinginan tersebut belum terpenuhi, Karena sudah 9 tahun Arsenal nil gelar.

Oleh sebab itu malam ini adalah waktu yang mendebarkan bagi saya. Karena untuk pertama kalinya saya berkesempatan melihat Arsenal berlaga di Final FA CUP, 17 Mei 2014. Bermain di final berarti tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan trophy.

Tidur Sejenak

www.sumindersran.com
www.sumindersran.com

Final berlangsung Minggu tengah malam. Sehingga setelah pulang kerja di hari sabtu, saya langsung tidur begitu sampai rumah. Setelah bangun saya langsung makan dulu agar nanti di tempat nobar (nonton bareng) tidak perlu beli-beli snack lagi (baca: ngirit).

Setelah itu saya memakai jersey Arsenal (masih grade ori Thailand, semoga kesampaian punya yang original) kesayangan saya. Dan terakhir memakai jaket Arsenal untuk menghalau dinginnya malam di Kota Malang.

Nobar di Indomaret Point

makanmakanjogja.blogspot.co.id
makanmakanjogja.blogspot.co.id

Karena ini laga final, saya memutuskan untuk ikut nobar. Kelebihan nobar adalah saya bisa merasakan atmosfir yang luar biasa. Bertemu banyak Gooners (sebutan untuk fans Arsenal) lain. Melantunkan chant-chant khas Arsenal sepanjang pertandingan.

Satu yang pasti, saat nobar maka saya jadi lebih bersemangat. Jika tim kesayangan menang maka fans akan berbagi kebahagiaan, namun jika kalah maka fans akan saling menguatkan.

Tempat nobar di Indomaret Point sudah disesaki banyak Gooners, padahal laga baru mulai setengah jam lagi. Untung masih ada tempat yang cukup strategis, tanpa pikir panjang langsung saya duduki tempat tersebut.

Saya berterimakasih sekali kepada panitia nobar yang menyediakan ruangan terpisah antara perokok dan non perokok. Langkah sederhana namun sangat penting bagi sebagian besar orang.

Pertandingan di Mulai

img.medscape.com
img.medscape.com

Peluit kick-off berbunyi, menandakan pertandingan antara Arsenal vs Hull City di mulai. 90 menit kedepan adalah waktu untuk menentukan siapa yang menjadi juara tahun ini.

Salah satu panitia bertugas seperti dirigen dan mengajak fans untuk mulai menyanyikan chant-chant. Dengan semangat seluruh Gooners bernyanyi. Mungkin gemanya terdengar sampai luar bangunan.

4 Menit yang Pahit

www.ourcognitio.com
www.ourcognitio.com

Di tengah asyiknya bernyanyi, kami dikejutkan oleh gol dari pemain Hull City. Gol terjadi di menit ke-4. Sang dirigen mencoba menyemangati kami dengan berkata bahwa masih banyak waktu yang tersisa untuk mengejar ketertinggalan.

Apa yang dikatakannya benar juga, ini baru menit ke-4, buat apa panik. Saat mulai bisa berpikir positif, satu tamparan keras kembali menjatuhkan mental saya. Di menit ke-8 Hull City berhasil menambah gol menjadi 2-0.

Ingatan kembali ke tahun 2011 ketika Arsenal berlaga di Final Carling Cup. Arsenal hanya melawan tim yang berada di zona degradasi, Birmingham City. Para fans sudah merasa bahwa Arsenal akan juara.

Namun kenyataan berkata lain, Arsenal harus kalah menyakitkan oleh gol yang dicetak Birmingham City di menit-menit akhir pertandingan.

Saat ini saya takut hal itu terjadi lagi. Arsenal sekali lagi akan gagal mendapat trophy.

Setitik Cahaya Harapan

www.marthasmunchies.com
www.marthasmunchies.com

Setelah skor menjadi 2-0 suasana ruangan menjadi hening. Penonton hanya melihat pertandingan tanpa bernyanyi lagi.

Sekitar menit ke-15 Arsenal mendapat tendangan bebas dari jarak yang cukup jauh dari gawang. Santi Cazorla mengemban tugas untuk mengeksekusi tendangan tersebut. Kamera menyorotnya, terlihat Cazorla sedang dalam konsentrasi tingkat tinggi.

Tendangan sudah dilakukan, bola melengkung menuju pojok kanan atas gawang dan BAAMM!!! Bola masuk ke dalam gawang. Cazorla merayakan gol tersebut dengan gerakan menyuruh teman-teman setimnya dan penonton untuk kembali semangat.

Melihat gol tersebut semua gooners dalam ruangan langsung berdiri dan bersorak-sorai. Semangat dan harapan telah muncul kembali.

Arah Angin Mulai Berubah

eliteholding.co
eliteholding.co

Babak ke-2 dimulai, skor masih 2-1. Namun sekarang Arsenal menguasai pertandingan, passing-passing yang mereka lakukan sudah presisi, semua pemain bermain baik dan menunjukkan keinginan untuk menang.

Sayang beberapa kali kesempatan emas gagal dikonversi menjadi gol. Baik gooners di tempat nobar maupun diseluruh dunia sedang was-was menanti datangnya gol ke-2.

Penderitaan yang Membawa Kebahagiaan

static.standard.co.uk
static.standard.co.uk

Arsenal mendapatkan tendangan pojok, Santi Cazorla menendang bola ke arah area penalti lawan. Sagna menyundul bola namun mengenai kepala pemain Hull City. Bola memantul menuju kaki Koscielny, bek Arsenal.

Begitu mendapat bola dia memutar badan dan menendang bola tersebut.

Dan….

GOOLLLLLLL!!!

Semua rekan setim merayakan gol tersebut namun tidak dengan Koscielny yang mengerang kesakitan, karena saat menedang bola, kakinya ditackle oleh kiper lawan. Pengobarnannya menghasilkan kegembiraan bagi pemain arsenal dan gooners.

Suasana tempat nobar kembali bergemuruh. Semangat kami yang sebelumnya turun kini telah kembali. Kami yakin Arsenal bisa juara. Nyanyian semakin keras, dukungan semakin kuat dan harapan semakin besar.

90 menit waktu normal tidak cukup untuk menyelesaikan pertandingan, sehingga diadakan babak tambahan 2×15 menit.

Pangeran Kegelapan yang Menjadi Penentu

cdn1.lockerdome.com
cdn1.lockerdome.com

Tinggal 12 menit lagi pertandingan berakhir di babak tambahan akan berakhir. Wilshere memberi umpan terobosan kepada Sanogo, namun memantul, untungnya di terima rekan setimnya Giroud.

Giroud maju menuju gawang, menarik lawan agar mengikutinya. Dengan cantik dia melakukan backheel pass.

Ramsey menerima bola dan menendang bola ke arah pojok kanan bawah gawang. Bola meluncur masuk ke dalam gawang tanpa bisa dicegah Kiper.

GOOOLLLLLL!!!!!!!!

Seisi ruangan nobar berteriak kegeringan, mereka melompat kesana kemari. Saling berpelukan antar kawan, melampiaskan rasa bahagia yang besar.

Siapa sangka penentu kemenangan adalah Ramsey, pemain yang setelah cedera parah bermain sangat buruk. Bahkan sempat dijuluki pangeran kegelapan oleh sebagian fans.

Namun tahun ini Ramsey berubah, dia mencetak begitu banyak gol dan bermain sangat baik. Seolah-olah dia adalah pemain yang sama sekali berbeda. Padahal itu adalah buah kerja kerasnya yang terus memperbaiki diri dan menjadikan kritikan fans sebagai pemacu semangatnya.

Penantian pun Berakhir

http://www.arsenal.com/
http://www.arsenal.com/

Penonton kembali tenang, sampai akhirnya wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

Semua fans berdiri, menari, melompat-lompat merayakan kemenangan besar ini. Nyanyian tak putus-putus didengungkan. Walaupun tidak saling kenal satu sama lain, namun para gooners berbagi kebahagiaan yang sama.

Penantian panjang selama 9 tahun pun berakhir, akhirnya Arsenal “buka puasa”.

Pesta puncak perayaan ditutup dengan pengangkatan Piala FA yang diwakili oleh Arteta dan Vermaelen, wakil kapten dan kapten Arsenal.

Dini Hari yang Indah

67.media.tumblr.com
67.media.tumblr.com

Acara nobar berakhir pukul 02.30 WIB. Dingin yang menusuk kulit sudah tidak saya rasakan lagi. Kantuk pun hilang entah kemana.

Saya menyusuri jalan pulang dengan pelan. Menikmati kemenangan yang baru saya rasakan beberapa saat lalu. Saya tidak menyangka bisa menjadi saksi hidup ketika Arsenal mengangkat Piala. Itu pengalaman pertama untuk saya.

Hanya perlu waktu 9 tahun untuk sebagian besar fans, dan hanya butuh  6 tahun untuk saya menunggu hari ini tiba. Tidak ada penantian yang sia-sia selama harapan masih dijaga.

Mari kita nikmati dulu kemenangan ini gooners.

Victoria Concordia Crescit

Victory Grows Through Harmony

Leave a Comment