cerita fabel bergambar padat dan menarik

Contoh Cerita Fabel Pendek dan Singkat yang Menarik Untuk Bacaan Anak-Anak

Contoh Cerita Fabel Pendek – Tentu kamu semua sudah tidak asing lagi dengan cerita fabel, setidaknya pasti pernah membaca atau mendengar ceritanya.

Cerita fabel sendiri adalah cerita fiksi tentang kehidupan para binatang yang memiliki perilaku dan sifat layaknya manusia.

Banyak pesan moral yang terkandung dalam cerita fabel. Sehingga selain menjadi hiburan, kisah fabel juga bisa menjadi pelajaran bagi kita.

Tak heran bila banyak orangtua yang membacakan dongeng fabel kepada anaknya sebelum tidur atau bercerita waktu liburan.

Contoh Cerita Fabel Pendek dan Singkat yang Menarik

cerita fabel binatang kancil
http://blog.qajoo.com/

Panjang cerita fabel sendiri juga bervariasi, ada yang panjang dan berseri ada pula yang pendek dan singkat.

Pada bahasan kali ini kamu akan ditunjukkan contoh cerita fabel pendek dan singkat yang menarik. Kelebihan dari dongeng fabel yang pendek adalah lebih mudah untuk dipahami oleh anak-anak. Selain itu anak-anak tidak perlu banyak waktu untuk menyelesaikan bacaannya.

Berikut kumpulan contoh cerita fabel pendek dan singkat yang Menarik.

Cerita Fabel Pendek, Semut dan Belalang

contoh cerita fabel pendek belalang dan semut
www.englishstories.org

Karya: Aesop

Semut dan Belalang

Musim panas yang cerah dan hangat membuat belalang menari, menyanyi dan bermain dengan biola kesayangannya hampir tiap hari. Ia tidak ingin bekerja atau mempersiapkan perbekalan untuk menghadapi musim dingin.

Tidak terlintas di pikiran belalang bahwa hari-hari yang indah di musim panas ini akan segera berakhir, berganti menjadi musim dingin, dimana hujan akan sering turun dan udara yang sangat dingin.

Saat belalang sedang bermain biola, dia melihat semut yang tengah bekera keras lewat di depan rumahnya.

belalang yang riang ini ingin berbagi kebahagian kepada semut, sehingga dia mengundang semut untuk bersenang-senang bersama di rumah belalang.

semut pun menolak permintaan belalang dengan halus, “Maaf, saya masih harus bekerja keras agar saat musim dingin saya memiliki candang makanan dan tempat tinggal yang lebih hangat.”

belalang pun menanggapi penolakan yang dilakukan semut,”Berhentilah memikirkan terlalu banyak hal, mari kita bernyanyi dan menari bersama saja, agar perasaanmu lebih baik. Ayolah kita harus menikmati hidup kita!”

Setelah mendengar kata-kata tersebut si semut tetap bijaksana dan tidak mengindahkan ajakan si Kelinci, ia pun pamit pulang.

Siapa sangka musim panas berakhir lebih cepat dari biasanya. Kelinci yang sehari-harinya selalu bergembira  kini panik bukan main. Ia tidak punya tempat tinggal yang layak dan persediaan makanannya sudah habis.

Dengan langkah gontai si belalang  menuju rumah semut. Dia memohon kepada semut agar diberikan makanan dan dibolehkan tinggal di rumah semut.

Mendengar permohonan itu semut menjawab, “Maaf, tapi saya tidak bisa membantu karena rumah saya terlalu sempit untuk anda dan jumlah persediaan makanan yang ada hanya cukup untuk saya sekelurga.

belalang akhirnya pergi dengan rasa penyesalan dan kesedihan. Dalam hatinya dia berkata, “Seandainya aku mengikuti kebiasaan semut untuk bekerja keras, pasti sekarang aku sudah kenyang dan bisa tidur nyenyak di rumah.

Pesan Moral Cerita Fabel Pendek, Semut dan Belalang

Selalu persiapkan dan isi hari-harimu dengan kegiatan yang bermanfaat.  Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari.

Dongeng Fabel Singkat Terjemahan Bahasa Inggris, Rubah dan Kambing

dongeng fabel singkat rubah dan kambing
www.fineartamerica.com

Karya: Tony Ireland

Rubah dan Kambing

Malam hari yang gelap adalah waktunya rubah berjalan-jalan di sekitar hutan. Sayangnya malam itu rubah terjatuh ke dalam sumur yang cukup dalam. Dia mencoba berbagai macam cara untuk keluar dari sumur seperti melompat, memanjat dan meminta tolong.

Sayang usahanya tidak membuahkan hasil. Akhirnya tidak ada pilihan lain bagi si Rubah, mau tak mau dia harus bermalam di dalam sumur tersebut.

Keesokan paginya, seekor kambing yang tak sengaja lewat tertarik untuk menengok isi sumur. Sang kambing tampak terkejut ketika dia melihat ada rubah di dalam sumur.

Untuk menghilangkan rasa penasarannya, si kambing bertanya kepada rubah, ”Apa yang anda lakukan di dalam sumur Tuan Rubah?”

Rubah yang licik langsung mendapatkan ide setelah melihat ada kambing di atas sumur. Dia pun menjawab, “Saya turun ke dalam sumur untuk meminum air. Ini adalah air terbaik yang pernah saya rasakan sepanjang hidup saya. Jika Tuan Kambing ingin mencobanya silahkan saja.”

Tanpa pikir panjang si kambing langsung melompat ke dalam sumur dan meminum air sebanyak-banyaknya untuk melepaskan dahaganya sedari tadi. Setelah kenyang minum air si kambing hendak keluar dari sumur. Namun nasibnya sama seperti rubah yang tak bisa keluar.

Saat kambing mengalami kepanikan, sang rubah menenangkannya dan menawarkan sebuah solusi, “Tuan Kambing, saya mempunyai ide, bagaimana jika anda berdiri dengan kaki belakang anda. Setelah itu saya akan naik di atas kepala anda dan keluar. Dari atas sana, saya akan membantu mengeluarkan anda.”

Kambing yang polos ini menyetujui penawaran dari rubah. Akhirnya rubah licik ini bisa keluar dari sumur.

Bukannya menolong kambing, dia malah berkata, “Seandainya anda cukup cerdas, anda tidak akan pernah masuk ke suatu tempat tanpa memikirkan terlebih dahulu bagaimana cara keluarnya.” Ia pun melenggang pergi meninggalkan kambing di dalam sumur.

Pesan Moral Dongeng Fabel Singkat Terjemahan Bahasa Inggris, Rubah dan Kambing

Selalu berpikir dahulu sebelum melakukan atau memutuskan sesuatu, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. Ingat, waktu tidak bisa kembali.

Fabel Singkat Menarik, Kelinci dan Kura-Kura

cerita fabel 3 paragraf kelinci dan kura kura
www.youtube.com

Karya: Aesop

Kelinci dan Kura-Kura

Suatu hari di sebuah hutan, kura-kura menantang kelinci yang sombong untuk bertanding adu cepat dalam perlombaan lari.

Kura-kura berani menantang kelinci karena dia sudah tidak tahan dihina lambat dan berat oleh kelinci setiap harinya.

Tanpa berpikir panjang kelinci menerima tantangan itu dengan penuh rasa percaya diri. Dalam hatinya ia berkata, “Bodoh sekali kura-kura ini menantangku berlari, bukankah sudah jelas siapa pemenangnya.” Dia pun meninggalkan kura-kura dengan penuh tawa kemenangan.

Esoknya hari besar ini tiba. Sebuah rute yang panjang di dalam hutan menjadi arena perlombaan bagi kelinci dan kura-kura. Hewan-hewan lain pun sudah mulai berdatangan untuk menyaksikan lomba lari ini.

Dukungan mereka berikan kepada kura-kura, karena memang hewan lain juga kesal dengan kesombongan kelinci yang keterlaluan.

Seekor kera yang bertugas sebagai wasit memberikan aba-aba tanda mulainya perlombaan. Dalam sekejap kelinci sudah jauh memimpin. Melihat kecepatan kelinci, si kura-kura tak menyerah, ia pun berlari secepat yang dia bisa.

Setelah beberapa saat berlari dengan kecepatan tinggi, si kelinci merasa cukup lelah. Dia pun duduk bersandar di pohon. Dia berkata, “Kura-kura masih jauh di belakangku, rasanya aku bisa istirahat sebentar untuk memulihkan tenaga.”

Entah sudah berapa waktu berlalu ketika kelinci merasa terkejut, dia menoleh ke arah belakang berharap kura-kura belum menyalipnya. Si kelinci menggurutu, “Aduh, aku ketiduran. Semoga kura-kura masih ada di belakangku.”

Dengan secepat mungkin kelinci berlari ke arah garis finish. Dia masih yakin akan menang. Sayang seribu sayang, ternyata kura-kura sudah sampai terlebih dahulu. Terlihat hewan-hewan lain bersorak sorai merayakan kemenangan kura-kura. Kelinci pun pergi dengan perasaan malu.

Pesan Moral Fabel Singkat Menarik, Kelinci dan Kura-Kura

Jangan pernah sombong dan meremehkan orang lain. Selalu berusaha sekuat tenaga sampai selesai, jangan sampai lengah.

Ambil Pelajaran dari Contoh Cerita Fabel Pendek

cerita fabel bergambar padat dan menarik
www.camartinart.com

Semoga setelah membaca kumpulan contoh cerita fabel pendek di atas, kamu jadi lebih paham mengenai kisah fabel.

Jika kamu mempunyai ide cerita fabel, segera tuliskan. Jangan takut salah, yang penting kamu sudah menghasilkan sebuah karya.

Semakin banyak menulis, maka ceritamu bisa semakin bagus. Bukan tidak mungkin cerita fabel buatanmu akan disukai ribuan orang diluar sana.

Semangat Berkarya!

1 thought on “Contoh Cerita Fabel Pendek dan Singkat yang Menarik Untuk Bacaan Anak-Anak

Leave a Comment